Laporan Praktikum Q

Selasa, 03 Juli 2012

Dosen Farmakologi, Membuatku Semakin Jatuh Hati.


Awal pertemuanku dengannya saat UTS semester 3, tepatnya saat ujian mata kuliah Analisis Instrumen. Aku sempat kaget, teman-teman juga nggak kalah hebohnya, liat pengawas hari itu bening banget. Hahaha.
Dipikir pengawas nyasar masuk ruangan. Eh, kasak kusuk dari kakak tinggkat, ternyata beliau dosen tetap dikampusku. Cuma beberapa tahun belakangan beliau melanjutkan pendidikannya. So, baru sekarang kami ketemu beliau.
Oke, balik ke judul.
Pasti bertanya-tanya. Kok bisa aku jatuh hati.
Hahaha.
Jadi gini. Pertengahan semester 3 lalu, beliau penggang dua mata kuliah Fisika Farmasi dan Farmakologi. Tapi karna rentang waktu beliau pegang mata kuliah Fisika Farmasi cuma sebentar, jadi aku bilang beliau dosen farmakologi aja, karna 2 semester ini aku lebih sering ketemu beliau di mata kuliah farmakologi, jadilah aku sebut beliau dosen farmakologi.
Nah. Awal masuk kelas Farmakologi beliau, sebenarnya aku sudah menaruh simpati. Gimana nggak. Beliau memberikan sesuatu yang berbeda di awal pertemuan. Kalau biasanya tu yah, pertemuan pertama diisi dengan perkenalan dan kontrak belajar. Nah beliau plus berbagi cerita yang secara nggak langsung nge-change semangat kami untuk belajar. Terlebih aku memang sudah suka mata kuliah itu, jadi klop khan :)
Entah waktu itu mulai darimana. Tapi beliau ada cerita latar belakang keluarganya. Beliau keturunan tionghoa loch. Makanya bening banget. Hahaha.
Kehidupan beliau biasa dibilang sangat biasa. Terlahir dari keluarga yang sederhana dan kemampuan disekolah yang biasa. Tapi dengan sebuah tekat dan usaha yang keras beliau biasa seperti sekarang. Beliau berhasil mengatongi gelar (S. Farm., M. Farm-Klin., Apt.) waduh, panjang yak. Pastinya perlu perjuangan yang panjang juga!!
Beliau mengatakan betapa awal perkuliahan sebagai anak farmasi sangatlah berat. Kegagalan demi kegagalan akademis beliau alami, bukan kegagalan yang terjadi karna tanpa usaha. Beliau sudah berusaha keras hanya saja keadaan memang seperti itu. Tapi beliau tidak langsung patah semangat. Yang aku tangkap dari ceritanya, beliau tetap berusaha keras untuk itu. Sampai semester demi semester yang beliau lalui mengalami peningkatan IP.
Dan aku yakin itu bukan sebuah omong kosong!!
Beliau membuktikan itu, gelar S. Farm., M. Farm-Klin., Apt dapat beliau kantongi. Bukan hanya sekedar gelar tapi ilmu yang beliau miliki. Sungguh aku salut akan itu.
Aku rasa beliau seorang yang cerdas.
Ramah.
Sopan.
Rendah hati.
Dan mampu mengerti mahasiswa.
Aku suka cara beliau berkomunikasi dengan mahasiswa. Aku suka cara beliau mengajar. Beliau memberikan materi yang mampu aku terima dan pahami. Yah, mungkin faktor aku memang menyukai mata kuliah itu. Tapi aku rasa cara beliau mengajar juga mempengaruhi.
Sedikit berbeda dengan dosen yang lainnya. Beliau tidak bersedia memberikan hangout ataupun softcopy materi yang disampaikan. Kalau mau, yah kami harus mencatat.
Meskipun begitu aku tetap senang berada dalam kelas beliau.
Walaupun konsentrasi untuk mendengarkan penjelasan beliau terpecah dengan kegiatan mencatat isi materi, tapi tetap aja aku senang. Aku berusaha untuk tidak melewatkan satupun penjelasannya. Yah, meskipun beberapa saat kemudia aku akan lupa. Hahaha. Tapi aku senang. Maksa, hahaha
Aku senang karna yang beliau sampaikan memang sesuatu yang banyak terjadi dilapangan dan sesuatu yang memang ingian aku ketahui.
Tapi karna kapasitas otak ku untuk mengingat tidak begitu baik. Alhasil, aku sering lupa dengan apa yang pernah beliau sampaikan. Hahahaha.
But it’s ok. Aku tetap senang, setidaknya aku pernah tau. Hehe.
Kehadiran beliau sebagai staf dosen Farmakologi, membuatku semakin jatuh hati pada Farmakologi.
Hmmmmmmmmm.
Sebenarnya, aku menyukai farmakologi atas dasar kelinginanku menjadi Farmasi Klinik. Jadi lebih tepatnya kehadiran beliau membuat aku semakin jatuh hati pada Farmasi Klinik.
Kenapa?
Yah, karna cara beliau mengajar, latar belakang beliau.
Karna beliau aja bisa, kenapa aku tidak?
Beliau telah membuktikan tidak ada yang sia-sia dari sebuah usaha dan harapan. Dan sampai saat ini. Aku masih mempunyai harapan menjadi Farmasi Klinis dan aku akan berusaha untuk itu. :)


Kota tepian, 5 Mei 2012

0 komentar: